PENGARUH STORE IMAGE, VALUE, PRICE, ATTITUDE, SUBJECTIVE NORM, DAN PERCEIVED BEHAVIORAL CONTROL TERHADAP PURCHASE INTENTION (Survei pada Konsumen Produk Buccheri di Malioboro Mall Yogyakarta)

Main Author: Utami, Wiji; UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Manajemen , 2018
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/5116
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/5116/4694
Daftar Isi:
  • Persaingan dalam memperebutkan konsumen saat ini tidak dapat dihindari oleh setiap pelaku usaha, salah satunya yaitu produsen sepatu. Berbagai merek sepatu terkenal seperti Fladeo, Yongki Komaladi, Buccheri, Nevada, Donatello, Nike, Adiddas, dan sebagainya, dengan mudah ditemukan dipasaran. Oleh sebab itu, setiap produsen dituntut untuk dapat menimbulkan ketertarikan konsumen untuk membeli merek yang paling disukai. Ketertarikan konsumen terhadap merek tertentu menimbulkan purchase intention. Purchase intention sebagai bagian dari model perilaku konsumen dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti store image, value, price, attitude, subjective norm, dan perceived behavioral control. Tujuan penelitian ini, yaitu untuk menguji pengaruh store image, value, price, attitude, subjective norm, dan perceived behavioral control secara terppisah terhadap purchase intention.Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah konsumen produk Buccheri di Malioboro Mall Yogyakarta. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 140 responden. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang telah memenuhi syarat uji validitas dan reliabilitas.Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan regresi linier berganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) store image berpengaruh positif terhadap purchase intention, 2) value berpengaruh positif terhadap purchase intention, 3) price berpengaruh positif terhadap purchase intention, 4) attitude berpengaruh positif terhadap purchase intention, 5) subjective norm berpengaruh positif terhadap purchase intention, 6) perceived behavioral control berpengaruh positif terhadap purchase intention.Kata kunci : store image, value, price, attitude, subjective norm, perceived behavioral control, purchase intention