PENGARUH THREAT EMOTIONS, BRAND TRUST DAN PRICE TERHADAP KEPUTUSAN PEMEBLIAN (Survei pada Konsumen Produk Feminax di Purworejo)
Main Author: | Nuriyah, Eli; UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Manajemen
, 2018
|
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/5110 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/5110/4687 |
Daftar Isi:
- Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang semakin membaik mendorong timbulnyalaju persaingan dalam dunia usaha. Oleh sebab itu, penting bagi produsen mengetahuiapa yang mendasari konsumen melakukan keputusan pembelian. Keputusan pembelianmerupakan salah satu komponen utama dari perilaku konsumen. Dalam memahamiperilaku konsumen, terdapat banyak pengaruh yang mendasari seseorang dalammengambil keputusan pembelian suatu produk atau merek. Threat emotions, brandtrust dan price menjadi bahan untuk menyusun strategi perusahaan yang akhirnya akanmenimbukan keputusan pembelian konsumen. Hal serupa juga dilakukan oleh Feminax.Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh threat emotions, brand trust dan priceterhadap keputusan pembelian Feminax di Purworejo.Penelitian ini menggunakan desain penelitian survei terhadap respondendengan cara membagikan kuesioner terhadap konsumen produk Feminax di Purworejo.Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen produk Feminax di Purworejo.Sampel yang diambil 120 responden menggunakan teknik purposive sampling dengankriteria responden dalam penelitian ini adalah minimal usia 18 tahun, bertempat tinggaldi kota Purworejo dan responden yang telah mengkonsumsi produk Feminax. Teknikpengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Instrumen utama yangdigunakan untuk memperoleh data adalah kuesioner yang telah memenuhi syaratvaliditas dan reliabelitas. Analisis data menggunakan regresi linear berganda.Hasil regresi linier berganda tersebut diketahui bahwa variabel threat emotions(X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Brand trust (X2)berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Price (X3)berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.Kata kunci: threat emotions, brand trust, price, keputusan pembelian