PENGARUH SHOPPING LIFESTYLE DAN FASHION INVOLVEMENT TERHADAP IMPULSE BUYING BEHAVIOR KONSUMEN KARITA MUSLIM SQUARE YOGYAKARTA
Main Author: | Kusumaningsih, Arista; UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Manajemen
, 2018
|
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/4730 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/4730/4383 |
Daftar Isi:
- Perkembangan kebutuhan konsumen terutama fashion erat kaitannya denganperubahan pola gaya hidup berbelanja. Kebutuhan menstimulus seseorang untukmelakukan kegiatan belanja produk fashion agar terus mengikuti model busana terbarusehingga terbentuknya shopping lifestyle pada diri seseorang. Keterlibatan dalamberbelanja fashion, terutama pakaian terlihat dengan ketelitian konsumen dalampemilihan pakaian, dari mulai model pakaian, bahan pakaian, motif, warna, merekmaupun harga. Maka penelitian tentang Shopping Lifestyle, dan Fashion Involvementmenjadi sangat penting, karena sebagai strategi dalam menciptakan pembelian tidakterencana oleh konsumen.Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh Shopping Lifestyle dan FashionInvolvement terhadap Impulse Buying Behavior pada Karita Muslim Square Yogyakarta.Penelitian ini menggunakan desain penelitian survei terhadap respondendengan cara membagikan kuesioner terhadap pengunjung di Karita Muslim SquareYogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen Karita MuslimSquare Yogyakarta. Sampel yang diambil 150 responden dengan kriteria respondendalam penelitian ini adalah orang yang pernah berbelanja di Karita Muslim SquareYogyakarta yang berusia lebih dari 16 tahun. Teknik pengumpulan data menggunakankuesioner dengan skala Likert. Instrumen utama yang digunakan untuk memperolehdata adalah kuesioner yang disusun secara sistematis berisi beberapa pernyataan yangdiberikan kepada responden yang telah memenuhi syarat validitas dan reliabelitas.Analisis data menggunakan Regresi Linear Berganda dan pengujian hipotesismenggunakan Uji Signifikansi parsial (Uji t).Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel Shopping Lifestyledan Fashion Involvement berpengaruh terhadap Impulse Buying Behavior pada KaritaMuslim Square Yogyakarta. Oleh karena itu perusahaan perlu meningkatkan faktorfaktoryang dapat mempengaruhi perilaku pembelian tidak terencana konsumen.Kata kunci: Shopping Lifestyle, Fashion Involvement dan Impulse Buying Behavior