PENGARUH BRAND IMAGE, HARGA DAN EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION (SURVEI PADA JOGJA BAY WATERPARK YOGYAKARTA)
Main Author: | Elektrika, Insani Dian; UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Manajemen
, 2018
|
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/4702 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/4702/4359 |
Daftar Isi:
- Konsumen saat ini lebih cerdas dan selektif dalam memilih barang maupun jasa yang akan digunakan. Sebelum menggunakan produk atau jasa tidak hanya menilai sisi rasionalnya, tetapi juga menilai berdasarkan sisi emosionalnya yaitu menginginkan nilai tambah berupa pengalaman yang memuaskan. Maka penelitian tentang brand image, harga dan experiential marketing menjadi sangat penting, karena sebagai strategi pembeda dari pesaing dan memberikan kepuasan tersendiri bagi konsumen setelah mendapatkan interesting memorable dengan pengalaman-pengalaman yang belum pernah dirasakan dan membuat konsumen percaya bahwa merek yang ditawarkan dapat memberikan nilai positif baginya.Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh Brand Image, Harga dan Experiential Marketing terhadap Customer Satisfaction secara parsial pada pengunjung Jogja Bay Waterpark Yogyakarta.Penelitian ini menggunakan desain penelitian survei terhadap responden dengan cara membagikan kuesioner terhadap pengunjung di Jogja Bay Waterpark Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pengunjung Jogja Bay Waterpark Yogyakarta selama bulan Juni 2017. Sampel yang diambil 120 responden dengan kriteria responden dalam penelitian ini adalah orang yang pernah mengunjungi Jogja Bay Waterpark Yogyakarta yang berusia lebih dari 16 tahun. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Instrumen utama yang digunakan untuk memperoleh data adalah kuesioner yang disusun secara sistematis berisi beberapa pernyataan yang diberikan kepada responden yang telah memenuhi syarat validitas dan reliabelitas. Analisis data menggunakan Regresi Linear Berganda dan pengujian hipotesis menggunakan Uji Signifikansi parsial (Uji t)Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial bahwa variabel brand image, harga dan experiential marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer satisfaction pada Jogja Bay Waterpark Yogyakarta.Kata kunci: brand image, harga, experiential marketing, customer satisfaction