PENGARUH BRAND, COUNTRY OF ORIGIN, TRUST IN COMPANY, DAN PRICE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU NIKE DI KOTA MAGELANG

Main Author: Sugianti, Rini; UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Manajemen , 2018
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/4674
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/4674/4338
Daftar Isi:
  • Salah satu perilaku konteks pemasaran adalah keputusan pembelian, yaitu tindakanyang dilakukan kosumen untuk melakukan pembelian suatu suatu produk. Tawaran produksaat ini sangatlah beragram dan banyak, seperti untuk iklan produk sepatu mengalamiperkembangan yang sangat pesat. Alternatif pilihan yang semakin banyak memudahkankonsumen untuk menentukan pilihan sesuai dengan selera dan kemampuan ekonomisnya.Beberapa alternatif yang umum adalah brand, country of origin, trust in company dan price.Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh brand, country of origin, trust in company,dan price terhadap keputusan pembelian sepatu Nike di Kota Magelang.Penelitian ini menggunakan desain penelitian surveiterhadap responden dengan caramembagikan kuesioner terhadap konsumen yang menggunakan sepatu Nike di Kota Magelang.Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen sepatu Nike di Kota Magelang. Sampelyang diambil 150 responden dengan kriteria responden dalam penelitian ini adalah konsumenyang menggunakan sepatu Nike di Kota Magelang yang berusia minimal 17 tahun. Teknikpengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Instrumen utama yangdigunakan untuk memperoleh data adalah kuesioner yang disusun secara sistematis berisibeberapa pernyataan yang diberikan kepada responden yang telah memenuhi syarat validitasdan reliabelitas. Analisis data menggunakan Regresi Linear Berganda dan pengujian hipotesismenggunakan Uji Signifikansi parsial (Uji t).Berdasarkan hasil pengujian menggunakan Regresi Linear Berganda diketahui bahwavariabel brand berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabelcountry of origin berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabeltrust in company berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, danvariabel price berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.Kata kunci: Brand, country of origin, trust in company, price, keputusan pembelian