PENGARUH WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG YANG DIMEDIASI OLEH MINAT BERKUNJUNG (Studi pada Pengunjung Wahana Wisata Taman Pintar Yogyakarta)
Main Author: | Supriyanto, Arief Ginanjar; UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Manajemen
, 2018
|
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/4665 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/4665/4326 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/4665/4327 |
Daftar Isi:
- Arief Ginanjar Supriyanto. Pengaruh Word of Mouth terhadap Keputusan Berkunjungyang Dimediasi oleh Minat Berkunjung (Survei pada Pengunjung Wahana Wisata TamanPintar Yogyakarta). Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi UniversitasMuhammadiyah Purworejo. 2017.Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh word of mouth terhadapkeputusan berkunjung, pengaruh word of mouth terhadap minat berkunjung, pengaruhminat berkunjung terhadap keputusan berkunjung, serta pengaruh word of mouthterhadap keputusan berkunjung dengan minat berkunjung sebagai variabel mediasi.Objek penelitian ini adalah Taman Pintar Yogyakarta, dengan populasi yaituorang yang pernah melakukan kunjungan ke Taman Pintar Yogyakarta. Sampel yangdigunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yang dikumpulkan denganteknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan jawabanmenggunakan metode Likert. Untuk mengetahui keakuratan pengukuran sertakestabilan parameter kuesioner, terlebih dahulu dilakukan pengujian kuesioner denganmenggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Pada penelitian ini untuk menguji hipotesismenggunakan analisis regresi.Hasil analisis data menunjukkan bahwa pengaruh word of mouth terhadapkeputusan berkunjung bernilai positif dan signifikan, pengaruh word of mouth terhadapminat berkunjung bernilai positif dan signifikan, pengaruh minat berkunjung terhadapkeputusan berkunjung bernilai positif dan signifikan, serta pengaruh word of mouthterhadap keputusan berkunjung dengan minat berkunjung sebagai variabel mediasibernilai positif dan signifikan dengan jenis mediasi berupa mediasi sebagian (partialmediation). Hal ini menunjukkan bahwa keseluruhan hipotesis yang diajukan dalampenelitian terbukti dan dapat diterima.Kata kunci : word of mouth, keputusan berkunjung, minat berkunjung