PENGARUH RELIGIUSITAS, NORMA SUBYEKTIF DAN PERCEIVED BEHAVIORAL CONTROL TERHADAP NIAT MEMBELI PRODUK MAKANAN RINGAN BERLABEL HALAL (Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Main Author: | Cahyono, Dwi; UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Manajemen
, 2018
|
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/4662 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/4662/4324 |
Daftar Isi:
- Makanan merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi oleh setiap manusia dan sangat penting bagi keberlangsungan hidup. Makanan yang dikonsumsi tidak hanya yang mengenyangkan tetapi juga harus halal. Terciptanya kesadaran mahasiswa agar mengkonsumsi produk makanan ringan yang berlabel halal memerlukan faktor religiusitas dari individu mahasiswa yang disertai dengan adanya norma subyektif dari orang-orang terdekat yang sering mengkonsumsi produk halal dan adanya faktor perceived behavioral control dikalangan mahasiswa.Penelitian ini bertujuan untuk menguji 1) Pengaruh religiusitas terhadap niat membeli produk makanan ringan berlabel halal. 2) Pengaruh norma subyektif terhadap niat membeli produk makanan ringan berlabel halal. 3) Pengaruh perceived behavioral control terhadap niat membeli produk makanan ringan berlabel halal. 4) pengaruh religiusitas, norma subyektif, dan perceived behavioral control secara simultan terhadap niat membeli produk makanan ringan berlabel halal.Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif Universitas Muhammadiyah Purworejo yang memiliki niat untuk membeli produk makanan ringan berlabel halal. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling yaitu purposive sampling, dengan sampel sebanyak 150 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang di uji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji signifikansi parsial, serta uji simultan.Hasil uji regresi linier berganda yang diuji secara parsial menunjukkan bahwa religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat membeli produk halal, norma subyektif berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat membeli produk halal, perceived behavioral control berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat membeli produk halal pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo. Dari hasil uji simultan didapat bahwa religiusitas, norma subyektif, dan perceived behavioral control secara simultan berpengaruh terhadap niat membeli produk makanan ringan berlabel halal. Kesimpulan dalam penelitian ini semua hipotesis terbukti.Kata kunci : religiusitas, norma subyektif, perceived behavioral control dan niat beli