PENGARUH PRICE DISCOUNT, BONUS PACK, DAN IN-STORE DISPLAY TERHADAP IMPULSE BUYING (Studi pada Giant Supermarket Yogyakarta)
Main Author: | Rochman, Fajar Nur; UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Manajemen
, 2017
|
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/4289 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/4289/3993 |
Daftar Isi:
- Pesatnya bisnis ritel di Yogyakarta menjadikan persaingan diantara ritel semakin meningkat. Salah satu cara untuk menarik para konsumen agar melakukan pembelian adalah melalui promosi penjualan di dalam toko. Promosi di dalam toko membuat ritel menjadi tempat untuk menjual sekaligus membangun merek dan juga dapat menciptakan atmosfer yang lebih hidup serta memperkaya pengalaman berbelanja bagi konsumen. Promosi penjualan di dalam toko akan membuat impulse buying dari konsumen semakin mudah terbentuk. Oleh sebab itu, penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh price discount, bonus pack dan in-store display terhadap impulse buying.Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah semua konsumen yang pernah atau sedang melakukan pembelian ke Giant Supermarket Condong Catur Yogyakarta. Sampel yang diambil sebanyak 120 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Kuesioner telah diuji dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi berganda.Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa: 1) nilai koefisien regresi variabel price discount (X1) sebesar 0,367 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000; 2) nilai koefisien regresi variabel bonus pack (X2) sebesar 0,325 dengan nilai signifikansi sebesar 0,002; 3) nilai koefisien regresi variabel in-store display (X3) sebesar 0,299 dengan nilai signifikansi sebesar 0,001. Berarti, seluruh hipotesis yang diajukan terbukti.Kata kunci: price discount, bonus pack, in-store display, impulse buying