PENGARUH CELEBRITY ENDORSER, BRAND ASSOCIATION, BRAND PERSONALITY DAN PRODUCT CHARACTERISTICS DALAM MENCIPTAKAN INTENSI PEMBELIAN (Studi pada Iklan Le Minerale Versi dr. Ryan Thamrin)
Main Author: | Mafikasari, Celvi Febriyani; UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Manajemen
, 2017
|
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/4286 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/4286/3990 |
Daftar Isi:
- Persaingan diantara produsen dalam memasarkan suatu produk yang memilikikesamaan menjadi hal yang tidak dapat dielakkan lagi saat ini. Setiap produsen, dalamhal ini adalah produsen air mineral kemasan, tentunya akan saling menawarkankelebihan yang dimiliki agar konsumen tertarik pada produk yang dipasarkan, dan padaakhirnya konsumen memiliki intensi pembelian. Tujuan yang hendak dicapai dalampenelitian ini adalah: 1) menguji pengaruh celebrity endorser terhadap intensipembelian; 2) menguji pengaruh brand association terhadap intensi pembelian; 3)menguji pengaruh brand personality terhadap intensi pembelian; 4) menguji pengaruhproduct characteristics terhadap intensi pembelian.Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah konsumen Le Minerale diPurworejo. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 orang, teknikpengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan datamenggunakan kuesioner dan jawaban dinilai menggunakan skala Likert. Untukmengetahui keakuratan pengukuran serta kestabilan parameter kuesioner, terlebihdahulu dilakukan pengujian kuesioner dengan menggunakan uji validitas dan ujireliabilitas. Hipotesis dilakukan menggunakan analisis regresiHasil analisis data menunjukkan bahwa 1) nilai koefisien regresi variabelcelebrity endorser (X1) sebesar 0,322 dengan nilai signifikansi sebesar 0,006; 2) nilaikoefisien regresi variabel brand association (X2) sebesar 0,363 dengan nilai signifikansisebesar 0,001; 3) nilai koefisien regresi variabel brand personality (X3) sebesar 0,344dengan nilai signifikansi sebesar 0,004; 4) nilai koefisien regresi variabel productcharacteristics (X4) sebesar 0,232 dengan nilai signifikansi sebesar 0,027. Hal inimenunjukkan bahwa keseluruhan hipotesis yang diajukan terbukti dan dapat diterimaKata kunci: celebrity endorser, brand association, brand personality, productcharacteristics, intensi pembelian