FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BERWIRAUSAHA (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Main Author: | Khasanah, Ani Rohmatul; UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Manajemen
, 2017
|
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/4057 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/4057/3814 |
Daftar Isi:
- Sekarang ini kita menghadapi kenyataan bahwa jumlah wirausahawan Indonesiamasih sedikit dan mutunya belum bisa dikatakan hebat, sehingga persoalanpembangunan wirausaha Indonesia merupakan persoalan mendesak bagi suksesnyapembangunan. Sebuah pembangunan dalam menggerakkan roda perekonomian suatunegara akan lebih berhasil jika ditunjang oleh wirausahawan yang dapat membukalapangan kerja sendiri. Minat berwirausaha pada diri mahasiswa adalah sumberberdirinya suatu usaha baru. Minat berwirausaha seseorang dipengaruhi beberapafaktor yang dapat dilihat dalam suatu kerangka integral.Penelitian ini bertujuan untuk mengujifaktor-faktor yang mempengaruhi minatberwirausaha. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas EkonomiUniversitas Muhammadiyah Purworejo. Pada penelitian ini tidak menggunakan seluruhpopulasi tetapi menggunakan sampel sebanyak 200 responden dengan teknik purposivesampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan alternatif pilihan jawabanmenggunakan metode Likert yang terdiri dari lima pilihan jawaban. Kuesioner telahdiujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas sertareliabilitas. Pada penelitian iniuntuk menguji hipotesis menggunakan analisis regresi.Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) nilai koefisien regresi Sikap (X1)terhadap Minat Berwirausaha (Y) sebesar 0,208 dengan nilai signifikansi sebesar 0,025;2) nilai koefisien regresi Norma Subyektif (X2) terhadap Minat Berwirausaha (Y) sebesar0,274 dengan nilai signifikansi sebesar 0,008; 3) nilai koefisien regresi Kontrol Perilaku(X3) terhadap Minat Berwirausaha (Y) sebesar 0,258 dengan nilai signifikansi sebesar0,000. Hal ini menunjukkan bahwa keseluruhan hipotesis yang diajukan terbukti.Kata kunci: Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha