Pengaruh Hedonic Value dan Utilitarian Value terhadap Behavioural Intentions dengan Customer Satisfaction sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Pelanggan Plaza Ambarrukmo)
Main Author: | Setiyanto, Candra; UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Manajemen
, 2017
|
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/4055 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/4055/3812 |
Daftar Isi:
- Pada era globalisasi, tingkat persaingan dalam dunia bisnis semakin ketat. Hal ini menuntut perusahaan untuk mampu bersikap dan bertindak secara cepat dan tepat dalam menghadapi persaingan yang bergerak secara dinamis dan penuh ketidakpastian. Salah satu cara dalam mensiasati persaingan yang terjadi tersebut adalah dengan meningkatkan behavioural intentions dan customer satisfaction.Tujuan penelitian diantaranya, 1) menguji customer satisfaction sebagai variabel mediasi dalam pengaruh hedonic value terhadap behavioural intentions, 2) menguji customer satisfaction sebagai variabel mediasi dalam pengaruh utilitarian value terhadap behavioural intentions.Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah pelanggan yang belanja di Plaza Ambarrukmo. Pada penelitian ini tidak menggunakan seluruh populasi tetapi menggunakan sampel sebanyak 100 responden dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan alternatif pilihan jawaban menggunakan Skala Likert yang terdiri dari lima pilihan jawaban. Dalam menguji hipotesis menggunakan Process Macro Analysis.Hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) nilai koefisien regresi hedonic value (X1) yang diregresi bersama customer satisfaction (M) terhadap behavioural intentions (Y) sebesar -0,2559 dengan nilai signifikansi sebesar -0,8233 <p-value 0,3040, 2) serta nilai koefisien regresi utilitarian value (X2) yang diregresi bersama customer satisfaction (M) terhadap behavioural intentions (Y) sebesar 0,568 dengan nilai signifikansi sebesar -0,0354 <p-value 0,3526. Hasil ini menunjukkan bahwa keseluruhan hipotesis yang diajukan tidak terbukti.Kata kunci: hedonic value, utilitarian value, behavioural intentions, customer satisfaction, mediasi