Pengaruh Hedonic Shopping Tendency dan Visual Merchandising Terhadap Impulse Buying melalui Positive Emotion Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Konsumen Jogja City Mall Yogyakarta)

Main Author: Setiyorini, Dwi Eni; UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Manajemen , 2017
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/4045
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/4045/3804
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh: (1) hedonic shopping tendency terhadap impulse buying; (2) visual merchandising terhadap impulse buying; (3) hedonic shopping tendency terhadap positive emotion; (4) visual merchandising terhadap positive emotion; (5) positive emotion terhadap impulse buying; (6) hedonic shopping tendency dan visual merchandising terhadap impulse buying melalui positive emotion sebagai variabel intervening.Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen Jogja City Mall Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 130 responden yang ditentukan menggunakan metode purposive sampling yaitu judgement sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner. Instrumen telah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Hierarchical Regression Analysis.Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa hedonic shopping tendency berpengaruh positif terhadap impulse buying; visual merchandising berpengaruh positif terhadap impulse buying; hedonic shopping tendency berpengaruh positif terhadap positive emotion; visual merchandising berpengaruh positif terhadap positive emotion; positive emotion berpengaruh positif terhadap impulse buying; hedonic shopping tendency dan visual merchandising berpengaruh positif terhadap impulse buying melalui positive emotion sebagai variabel intervening pada konsumen Jogja City Mall Yogyakarta.Kata kunci: hedonic shopping tendency, visual merchandising, positive emotion, impulse buying, mediasi.