PENGARUH GREEN ADVERTISING DAN GREEN CLAIM TERHADAP REPURCHASE INTENTION (Survei pada Konsumen AQUA di Kota Purworejo)

Main Author: Rohmadoni, Dana; UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Manajemen , 2017
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/4042
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/4042/3801
Daftar Isi:
  • Era globalisasi telah menjadikan adanya pemanasan global yang berdampak pada pencemaran lingkungan. Hampir semua orang menyatakan lingkungan sekitar mereka telah tercemari oleh adanya perilaku manusia itu sendiri. Maka dari itu diperlukan kepedulian dan kesadaran akan lingkungan dan kesehatan untuk merubah cara pandang dan pola hidup dari manusia dan para pelaku usaha sebagai wujud kepedulianya pada kelestarian lingkungan. Wujud kepedulian perusahaan pada lingkungan harus dilakukan untuk menimbulkan repurchase intention pada konsumen. Diantaranya dengan memproduksi produk-produk yang ramah lingkungan lalu mempromosikannya dengan green advertising dan membuat klaim produknya ramah lingkungan dan sehat untuk dikonsumsi. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh green advertising terhadap repurchase intention konsumen AQUA dan pengaruh green claim terhadap repurchase intention konsumen AQUA di kota Purworejo.Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen yang pernah membeli dan melihat iklan produk AQUA yang berada di kota Purworejo. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 130 orang. Dalam menentukan ukuran sampel menggunakan metode purposive sampling yaitu dilakukan dengan mengambil sampel dari populasi berdasarkan suatu kriteria tertentu. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert yang masing-masing sudah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier berganda.Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel green advertising berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention AQUA dengan taraf signifikansi p value 0,000 (<0,05) dan berpengaruh sebesar 0,301 dan variabel green claim berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention AQUA dengan taraf signifikasi p value 0,000 (<0,05) dan berpengaruh sebesar 0,254. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa semakin baik green advertising dan green claim dalam diri konsumen maka semakin tinggi repurchase intention.Kata Kunci: Green Advertising, Green Claim, Repurchase Intention