PENGARUH BRANDING STRATEGY, SERVICESCAPE, DAN PERSONAL SELLING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA DEALER YAMAHA DETA MOTOR

Main Author: Prasetia, Alip Yudha; UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Manajemen , 2017
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/4036
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/4036/3795
Daftar Isi:
  • Dewasa ini menciptakan branding strategy merupakan salah adalah satu faktorpenting yang dapat mempengaruhi hati konsumen dalam membeli. Merek merupakan satuhal penting, karena di dalam merek akan membawa citra suatu perusahaan dan pemberianmerek dapat menambah nilai suatu produk dipasaran. Selain itu lingkungan fisik suatudealer juga dapat mempengaruhi keputusan pembelian, karena dengan servicescape yangbaik akan memberikan kesan dan pengalaman yang baik bagi konsumen. Di samping itukomunikasi langsung antar penjual dan konsumen untuk memperkenalkan produk adalahhal yang juga penting dalam mempengaruhi keputusan pembelian, karena personal sellingmerupakan cara paling efektif untuk merayu calon pembeli. Di sisi lain perilaku konsumenjuga memiliki peranan penting dalam keputusan membeli, dengan mempelajari danmemahami perilaku konsumen yang berubah-ubah memungkinkan perusahaan untukdapat melakukan perencanaan dan pengembangan produk yang lebih baik sehingga dapatmemuaskan para konumennya.Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh brandingstrategy, servicescape, dan personal selling terhadap keputusan pembelian pada DealerDeta Motor Purworejo. Populasi pada penelitian ini konsumen yang membeli motorYamaha di Dealer Deta Motor Purworejo. Sampel penelitian ini berjumlah 100 orang.Intrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang masingmasingsudah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas pengujianhipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda.Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel brandingstrategy berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan tarafsignifikansi p value 0,010 (< 0,05) dan berpengaruh sebesar 0,269. Servicescape berpengaruh2positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan taraf signifikansi p value 0,030 (<0,05) dan berpengaruh sebesar 0,244. Personal selling berpengaruh positif dan signifikanterhadap keputusan pembelian dengan taraf signifikansi p value 0,005 (< 0,05) danberpengaruh sebesar 0,304. Dengan demkian semua hipotesis yang diajukan dalampenelitian ini terdukung.Kata kunci: strategi merek (branding strategy), lingkungan fisik (servicescape), penjualanlangsung (personal selling), keputusan pembelian.