PENGARUH BRAND IMAGE DAN BRAND TRUST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN NOTEBOOK ASUS (Survei pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo)

Main Author: Nugroho, Prasetyo Adi; UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Manajemen , 2017
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/4025
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/4025/3783
Daftar Isi:
  • Dewasa ini merek merupakan salah satu faktor penting yang dapatmempengaruhi konsumen dalam membeli. Merek adalah salah satu hal penting,karena di dalam merek akan membawa citra dan kepercayaan merek suatuperusahaan dan pemberian merek dapat menambah nilai suatu produk dipasaran.Alasan inilah yang mendorong perusahaan Asus untuk selalu memperkuat posisimereknya di dalam benak konsumen. Disisi lain perilaku konsumen juga memilikiperanan penting dalam keputusan membeli dengan mempelajari dan memahamiperilaku konsumen yang berubah‐ubah memungkinkan perusahaan untuk dapatmelakukan perencanaan dan pengembangan produk yang lebih baik sehingga dapatmemuaskan para konsumennya.Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh brand imagedan brand trust terhadap keputusan pembelian notebook Asus pada mahasiswa diUniversitas Muhammadiyah Purworejo. Populasi pada penelitian ini adalahmahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo pengguna notebook Asus. Sampelpenelitian ini berjumlah 100 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakankuesioner dengan skala Likert yang masing‐masing sudah diuji coba dan telahmemenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan analisisregresi linier berganda.Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel brand imageberpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Brand trust jugaberpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Brand image danbrand trust secara serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusanpembelian. Maka semua hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini terdukung.Kata kunci: citra merek (brand image), kepercayaan merek (brand trust) dankeputusan pembelian.