PENGARUH KREDIBILITAS CELEBRITY ENDORSER TERHADAP PURCHASE INTENTION YANG DIMEDIASI OLEH BRAND IMAGE (Studi pada Konsumen Wardah di Purworejo)

Main Author: Komala,, Jefi Anggun; UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Manajemen , 2017
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/4023
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/4023/3781
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh: 1) kredibilitas celebrity endorser terhadap purchase intention; 2) kredibilitas celebrity endorser terhadap brand image; 3) brand image terhadap purchase intention; dan 4) kredibilitas celebrity endorser terhadap purchase intention dengan memasukkan brand image sebagai variabel mediasi. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang pernah atau tertarik menggunakan kosmetik Wardah di Kota Purworejo. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden yang ditentukan menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner. Instrumen telah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Hierachical Regression Analysis. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa, 1) kredibilitas celebrity endorser berpengaruh positif terhadap purchase intention, 2) kredibilitas celebrity endorser berpengaruh positif terhadap brand image, 3) brand image berpengaruh positif terhadap purchase intention, 4) brand image memediasi secara parsial (partially mediated) pada pengaruh kredibilitas celebrity endorser terhadap purchase intention.Kata kunci: kredibilitas celebrity endorser, brand image, purchase intention.