Pengaruh Brand Luxury, dan Product Quality terhadap Loyalitas Konsumen (Studi pada Pengguna Smartphone Merek iPhone di Yogyakarta)

Main Author: Putri, Eka Yuliani; UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Manajemen , 2017
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/4014
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/4014/3772
Daftar Isi:
  • Persaingan di era globalisasi menuntut pelaku industri smartphone untuk mampu bersikap dan bertindak secara cepat dan tepat dalam menghadapi persaingan yang bergerak secara dinamis dan penuh ketidakpastian. Dalam menghadapi persaingan pasar yang semakin ketat, pelaku industri smartphone harus lebih inovatif dan juga kreatif, karena sekarang ini banyak merek-merek yang muncul. Oleh karena itu, merek harus dikelola dengan baik. Tujuan penelitian diantaranya, 1) menguji pengaruh brand luxury terhadap loyalitas konsumen, 2) menguji pengaruh product quality terhadap loyalitas konsumen.Populasi penelitian ini adalah yang menggunakan iPhone, pengambilan sampel dilakukan dngan menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel yang di gunakan adalah 100 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan alternatif pilihan jawaban menggunakan Skala Likert yang terdiri dari lima pilihan jawaban. Kuesioner telah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pada penelitian ini untuk menguji hipotesis menggunakan analisis regresi.Hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) nilai koefisien regresi brand luxury (X1) terhadap loyalitas konsumen (Y) sebesar 0,268 dengan nilai signifikansi sebesar 0,027, 2) nilai koefisien regresi product quality (X2) terhadap loyalitas konsumen (Y) sebesar 0,429 dengan nilai signifikansi sebesar 0,001. Hal ini menunjukkan bahwa keseluruhan hipotesis yang diajukan terbukti dan dapat diterima.Kata kunci: brand luxury, product quality, loyalitas konsumen.