PENGARUH LAYANAN PURNA JUAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LAPTOP ACER DI KOTA PURWOREJO

Main Author: Winata, Siska Ambarwati; UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Manajemen , 2017
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/3979
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/3979/3740
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh layanan purna jual berupa garansi, suku cadang, konsultasi, dan servis pada keputusan pembelian, baik secara parsial maupun bersamaan.Populasi dalam penelitian ini adalah semua individu yang memiliki laptop Acer. Sampel yang digunakan sebanyak 120 orang dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diisi sendiri oleh responden berdasarkan pendapatnya sendiri. Berdasarkan uji coba kuesioner yang dilakukan diketahui bahwa seluruh butir pernyataan dalam kuesioner terbukti valid dan reliabel.Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi. Hasil analisis data menunjukkan layanan purna jual, berupa: (1) garansi terbukti berpengaruh positif dan signifikan pada keputusan pembelian, (2) suku cadang terbukti berpengaruh positif dan signifikan pada keputusan pembelian, (3) konsultasi terbukti berpengaruh positif dan signifikan pada keputusan pembelian, (4) servis terbukti berpengaruh positif dan signifikan pada keputusan pembelian, dan (5) layanan purna jual berupa garansi, suku cadang, konsultasi dan servis secara bersamaan terbukti berpengaruh positif dan signifikan pada keputusan pembelian, sehingga seluruh hipotesis yang diajukan dapat diterima.Kata kunci: Layanan Purna Jual, Garansi, Suku Cadang, Konsultasi, Servis, Keputusan Pembelian