PENGARUH KESADARAN MEREK, ASOSIASI MEREK, PERSEPSI KUALITAS, DAN ASET-ASET MEREK LAINNYA PADA MINAT PEMBELIAN ULANG SEPEDA MOTOR HONDA VARIO TECHNO DI PURWOREJO

Main Author: Hindarto, Itok; Universitas Muhammadiyah Purworejo
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Manajemen , 2013
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/379
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/379/399
Daftar Isi:
  • Pada saat ini persaingan antara merek-merek sepeda motor di Indonesia semakinketat. Para produsen sepeda motor berusaha untuk memproduksi sepeda motor yang mampumemenuhi keinginan dan harapan masyarakat, salah satunya Perusahaan Astra Honda Motor.PT. AHM memiliki beberapa varian sepeda motor matik, diantaranya Beat, Vario, Scoopy,Spacy, dan Revo matik, sedangkan Vario sendiri terdiri dari Vario 110, Vario Techno 110, VarioTechno 125 PGM-FI. Saat awal kemunculannya Honda Vario Techno 125 PGM-FI telahmemberikan kejutan bagi PT. AHM, yaitu telah mampu melampaui target penjualan padabulan pertama. Peningkatan penjualan tersebut kemungkinan disebabkan adanya pemahamankonsumen terhadap suatu merek produk.Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kesadaran merek, asosiasi merek,persepsi kualitas, dan aset-aset merek lainnya pada minat pembelian ulang Honda VarioTechno 125 PGM-FI di kota Purworejo.Populasi penelitian ini adalah semua konsumen HondaVario Techno 125 PGM-FI di kota Purworejo. Sampel penelitian ini berjumlah 100 orang.Pengambilan sampel menggunakan Nonprobability Sampling yaitu dengan JudgementSampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yangmasing-masing sudah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas.Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier berganda.Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel kesadaran merekberpengaruh positif dan signifikan pada minat pembelian ulang Honda Vario Techno 125 PGMFIdengan taraf signifikansi PValue 0,039 (< 0,05) dan berpengaruh sebesar 0,190. Asosiasi merekberpengaruh positif dan signifikan pada minat pembelian ulang Honda Vario Techno 125 PGMFIdengan taraf signifikansi PValue 0,003 (< 0,05) dan berpengaruh sebesar 0,286. Persepsikualitas berpengaruh positif dan signifikan pada minat pembelian ulang Honda Vario Techno125 PGM-FI dengan taraf signifikansi PValue 0,020 (< 0,05) dan berpengaruh sebesar 0,206. Asetasetmerek lainnya berpengaruh positif dan signifikan pada minat pembelian ulang HondaVario Techno 125 PGM-FI dengan taraf signifikansi PValue 0,000 (< 0,05) dan berpengaruhsebesar 0,293.Kata kunci: kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, aset-aset merek lainnya, danminat pembelian ulang