PENGARUH BRAND REPUTATION, BRAND COMPETENCE, DAN BRAND LIKING TERHADAP TRUST IN BRAND PADA KONSUMEN BLACKBERRY DI PURWOREJO

Main Author: Nurdiyanto, Dwi; UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO
Format: Article info eJournal
Terbitan: Manajemen , 2016
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/2826
Daftar Isi:
  • Pada saat ini persaingan industri perangkat telekomunikasi tumbuh begitu pesat. Situasi saat ini menuntut perusahaan agar mampu mempertahankan kepercayaan merek konsumennya. Berbagai cara dilakukan perusahaan untuk mempertahankan kepercayaan merek. Dengan meningkatkan brand reputation, brand competence dan brand liking maka konsumen akan memiliki kepercayaan pada merek (trust in brand). Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh brand reputation, brand competence, dan brand liking terhadap trust in brand. Objek penelitian ini adalah blackberry. Populasi penelitian ini adalah seluruh pengguna blackberry di Purworejo. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Nonprobability Sampling yaitu dengan metode Purposive Sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang masing-masing sudah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa brand reputation, brand competence dan brand liking berpengaruh positif dan signifikan terhadap trust in brand pada konsumen blackberry di Purworejo. Kata kunci : brand reputation,brand competence, brand liking,dan trust inbrand