PENGARUH MULTI ATRIBUT TERHADAP PREFERENSI BELANJA ONLINE PRODUK PAKAIAN DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO

Main Author: Nurlitasari, Tika; Universitas Muhammadiyah Purworejo
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Manajemen , 2012
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/265
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/265/294
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh keragaman produk,harga, kualitas, promosi secara parsial terhadap preferensi belanja online produkpakaian di kalangan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo danpengaruh keragaman, harga, kualitas, promosi secara simultan terhadap preferensibelanja online produk pakaian di kalangan mahasiswa UniversitasMuhammadiyah Purworejo. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Universitas MuhammadiyahPurworejo yang pernah melakukan pembelian produk pakaian melalui internet.Sampel penelitian berjumlah 100 orang. Pengambilan sampel menggunakanteknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan angketdengan skala likert yang sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitasdan reliabilitas. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis RegresiLinear Berganda, kemudian dilakukan uji signifikansi parsial (uji t) dengan hasilatribut promosi memiliki pengaruh terbesar terhadap preferensi belanja online danuji signifikansi simultan (uji F). Berdasarkan pengujian tersebut diketahui bahwakeragaman produk, harga produk, kualitas produk, promosi berpengaruh positifdan signifikan terhadap preferensi belanja online, dilihat dari koefisien regresitiap variabel < α (5%). Kata kunci: keragaman produk, harga produk, kualitas produk, promosi, dan preferensi belanja online