PESAN MORAL DALAM FILM ANAK INDONESIA TERLARIS 2007-2015

Main Authors: Budiana, Daniel Budiana; Universitas Kristen Petra, Surabaya, Wahjudianata, Megawati; Universitas Kristen Petra, Surabaya
Format: Article info 0 eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University , 2017
Subjects:
Online Access: http://scriptura.petra.ac.id/index.php/iko/article/view/20240
http://scriptura.petra.ac.id/index.php/iko/article/view/20240/19266
Daftar Isi:
  • Film merupakan salah satu media massa yang memiliki pengaruh kuat terhadap masyarakat. Film juga menjadi salah satu medium yang efektif dalam menanamkan nilai-nilai moral bagi anak-anak. Penelitian ini mencari nilai-nilai moral yang terdapat dalam tujuh film anak Indonesia terlaris 2007-2015. Adapun penelitian ini menggun metode Analisis Isi dengan pendekatan kuantitatif. Berdasar hasil temuan data, dapat disimpulkan bahwa pesan pro sosial lebih mendominasi dibanding pesan anti sosial pada tujuh film anak Indonesia terlaris 2007-2015. Adapun pesan pro sosial yang sering tampil adalah memuji, menasehati, menghibur, berempati, kesopanan, bekerjasama, dan persahabatan. Sedangkan untuk pesan anti sosial, mayoritas pesan anti sosial yang ditampilkan adalah yang bersifat kekesan non verbal, yaitu mengejek, mempermalukan, memaki, mengancam dan menakuti