MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENERAPKAN METODE BERVARIASI MELALUI SUPERVISI KLINIS KEPALA SEKOLAH DI SD NEGERI 101775 SAMPALI

Main Author: Eriani, Ida
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED , 2017
Online Access: http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/school/article/view/6847
http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/school/article/view/6847/5889
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menerapkan metode bervariasi supervise klinis kepala sekolah di SD Negeri 101775 Samapali. Dengan mengunakan metode pembelajaran yang bervariasi siswa dapat termotivasi dalam belajar untuk meningkatkan prestasinya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan Supervisi Klinis dari kepala sekolah kompetensi guru meningkat dalam menerapkan Metode bervariasi dalam proses pembelajaran. Ini terbukti dari kondisi awal yang pada mulanya seluruh guru belum menerapkan Metode bervariasi (0%) pada proses pembelajaran, pada siklus I pembuatan RPP (sesuai standar proses) 77,78%, penerapan Metode bervariasi 44,44%, sedangkan pada siklus II pembuatan RPP (sesuai standar proses) 100%, penerapan Metode bervariasi 88,89%. Kata Kunci: Kompetensi Guru, Metode bervariasi, Supervisi Klinis