MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMASANG DAN MEMBUKA KANCING BAJU DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA APRAS BAGI ANAK TUNAGRAHITA SEDANG DI KELAS D-1 SLB /ABC/ TPI MEDAN

Main Author: ., Ngatur; Guru SLB /ABC/ TPI MEDAN
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED , 2016
Online Access: http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/school/article/view/4519
http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/school/article/view/4519/3958
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memasang kancing baju dengan menggunakan media APRAS (alat peraga sederhana). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 tunagrahita sedang di SLB/ABC/TPI Medan yang berjumlah 11 orang yang terdiri dari 5 siswa perempuan dan 6 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan data kuantitatif berupa test dan data kualitatif berupa observasi. Hasil observasi menunjukkan bahwa pada siklus I guru (peneliti) sudah dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memasang dan membuka kancing baju dengan baik dan pada siklus II guru (peneliti) dapat meningkatkan kemampuan siswa dengan lebih baik. Kata Kunci : Tunagrahita Sedang, Media APRAS