PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARANGROUP INVESTIGATION DI KELAS V SD NEGERI 040474 TIGASERANGKAI

Main Author: Sembiring, Jasplin
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: PGSD Universitas Negeri medan , 2017
Online Access: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/school/article/view/3625
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/school/article/view/3625/3235
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas V SDN 040474 Tigaserangkai Tahun Pembelajaran 2014/2015.Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa kelas V SDN 040474 Tigaserangkai Tahun Pembelajaran 2014/2015 saatditerapkan Model PembelajaranGroup Investigation pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.Data aktivitas siswa belajar IPS dengan model pembelajaran Group Investigation, menurut pengamat pada Siklus I antara lain menulis/membaca (42%), Mengerjakan LKS (25%), bertanya sesama teman (13%), bertanya kepada guru (15%), dan yang tidak relevan dengan KBM (6%). Data aktivitas siswa menurut pengamatan pada Siklus II antara lain menulis/membaca (28,5%), Mengerjakan LKS (42%), bertanya sesama teman (19%), bertanya kepada guru (6,5%), dan yang tidak relevan dengan KBM (4%). Kata Kunci : Group Investigation (GI), Hasil Belajar