UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPETUTOR SEBAYA DI SMP NEGERI 3 SATU ATAP BANGUN PURBA

Main Author: Asmiah, Asmiah
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED , 2015
Online Access: http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/school/article/view/2981
http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/school/article/view/2981/2628
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe tutur sebaya.Awal KBM dilakukan tes hasil belajar (Pretes), dengan data rata-rata 26,1 hal tersebut menunjukkan bahwa rata-rata siswa jarang membaca buku sebelum pembelajaran disekolah. Kemudian dilanjutkan KBM, akhir KBM ke II dan KBM ke IV dilakukan tes hasil belajar formatif I dan formatif II dengan rata-rata hasil belajar masing-masing menunjukkan 60,7 dan 85,7. Data aktivitas siswa menurut pengamatan pengamat pada siklus I antara lain membaca/menulis (41 %), mengerjakan LKS (24%), bertanya sesama teman (8 %), bertanya kepada guru (14%), dan yang tidak relevan dengan KBM (13 %). Data aktivitas siswa menurut pengamatan pada siklus II antara lain membaca/menulis (24 %), mengerjakan LKS (50 %), bertanya sesama teman (19%), bertanya kepada guru (2 %), dan yang tidak relevan dengan KBM (6 %).Kata Kunci: Model Kooperatif Tipe Tutor Sebaya, Hasil Belajar