PERBAIKAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) KELAS VI SD NEGERI 034 PINTUPADANG JULU

Main Author: Asliana, Asliana
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED , 2015
Online Access: http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/school/article/view/2943
http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/school/article/view/2943/2609
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sebagai upaya perbaikan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Hasil penelitian menunjukkanSiklus I: menulis/membaca (45%), Mengerjakan LKS (14% ), bertanya sesama teman (12%), bertanya kepada guru (17%), dan yang tidak relevan dengan KBM (13%). Dan Data aktivitas siswa menurut pengamatan pada siklus II: menulis/membaca (27%), mengerjakan LKS (40%), bertanya sesama teman (21%), bertanya kepada guru (8%), dan yang tidak relevan dengan KBM (4%); 2) Dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Tipe STAD prestasi belajar siswa dari siklus ke siklus berikutnya mengalami peningkatan yaitu dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 67,78%. Pada Siklus II, ketuntasan klasikal 100%,niali hasilcapaian belajar siswa rata-rata siklus I dan siklus II adalah 65,8 dan 86,32.Kata Kunci : Model, Kooperatif Tipe STAD