UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS V MATA PELAJARAN PKN SD NEGERI 164522 TEBING TINGGI

Main Author: Asmawati, Asmawati
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED , 2015
Online Access: http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/school/article/view/2180
http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/school/article/view/2180/1848
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa untuk hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Proses Belajar Mengajar (PBM) Pendidikan Kewarganegaraan di kelas V SD Negeri 164522 Tebing Tinggi. Penelitian Tindakan kelas ini dilakukan di SD Negeri 164522 Tahun Pelajaran 2014/2015 pada bulan Februari - April 2015. Objek yang diteliti adalah siswa kelas V SD Negeri 164522 Tebing Tinggi yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini terdiri atas tiga siklus yaitu, Siklus awal (45,71 %), Siklus I (76,26 %), Siklus II (92,18%). Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan penerapan metode Tipe Kooperatif STAD padamata pelajaran PKN dapat membantu siswa dalam memenuhi konsep pembelajaran dan mengasyikan untuk belajar bersama.Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif, Metode STAD