UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS V MATA PELAJARAN PKN SD NEGERI 164522 TEBING TINGGI
Main Author: | Asmawati, Asmawati |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/school/article/view/2180 http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/school/article/view/2180/1848 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa untuk hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Proses Belajar Mengajar (PBM) Pendidikan Kewarganegaraan di kelas V SD Negeri 164522 Tebing Tinggi. Penelitian Tindakan kelas ini dilakukan di SD Negeri 164522 Tahun Pelajaran 2014/2015 pada bulan Februari - April 2015. Objek yang diteliti adalah siswa kelas V SD Negeri 164522 Tebing Tinggi yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini terdiri atas tiga siklus yaitu, Siklus awal (45,71 %), Siklus I (76,26 %), Siklus II (92,18%). Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan penerapan metode Tipe Kooperatif STAD padamata pelajaran PKN dapat membantu siswa dalam memenuhi konsep pembelajaran dan mengasyikan untuk belajar bersama.Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif, Metode STAD