UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 155686 UNTEMUNGKUR II KECAMATAN KOLANG KABUPATEN TAPANULI TENGAH

Main Author: PAKPAHAN, ROSMERIDA
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Online Access: http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/school/article/view/1361
http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/school/article/view/1361/1120
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Penggunaan Metode Discovery Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD Negeri 155686 Untemungkur II Tahun Pelajaran. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah sebanyak 30 siswa yang berasal dari siswa Kelas IV pada Tahun Pelajaran 2011/2012. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini penulis melakukan pengumpulan data dengan cara memberikan tes. Dari hasil analisis data diperoleh 5 siswa (16,66%) yang mencapai syarat ketuntasan belajar dan 25 siswa (83,33%) yang belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. dari pre tes diperoleh nilai rata-rata siswa 48,16. Dari hasil analisis data pada siklus I diperoleh 13 siswa (43,33%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dan 17 siswa (56,66%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 64. Dari hasil tes pada siklus II diperoleh 27 siswa (90%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dan 3 siswa (10%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 81. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV SD Negeri 155686 Untemungkur II. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pembelajaran yang menggunakan metode discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi mengenal bangun datar simetris. Kata kunci: Hasil Belajar, Metode Discovery, Pelajaran Matematika