PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE TGT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS IVSDN 020276 BINJAI TIMUR
Main Author: | ., SYAMSUARNI |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
|
Online Access: |
http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/school/article/view/1344 http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/school/article/view/1344/1103 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya aktivitas belajar matematika siswa, minat siswa dalam pembelajaran matematika kurang sehingga tidak memunculkan sikap antusias dan semangat siswa untuk belajar, proses pembelajaran yang terlaksana masih didominasi dengan model pembelajaran yang kurang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa di kelas IV SDN 020276 Binjai Timur dengan menerapkan model pembelajaran koperatif tipe TGT. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Lokasi penelitian adalah di Jln. Ir. H. Juanda No. 203 Kelurahan Mencirim Kecamatan Binjai Timur. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 020276 Binjai Timur berjumlah 23 orang yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas siswa dan lembar observasi guru. Dari hasil penelitian, aktivitas belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan. Pada siklus I pertemuan 1 masih tergolong sangat rendah yaitu 13,04% dengan rata-rata 43,38, siklus I pertemuan 2 tergolong rendah yaitu 34,78% dengan rata-rata 56,70, siklus II pertemuan 1 tergolong sangat tinggi yaitu 86,95% denga rata-rata 72,10 dan siklus II pertemuan 2 tergolong sangat tinggi yaitu 100% dengan rata-rata 86,05. Hasil lembar observasi guru mengalami peningkatan pada siklus I pertemuan 1 adalah 60,71%, siklus I pertemuan 2 adalah 75%, siklus II pertemuan 1 adalah 89,28% dan siklus II pertemuan 2 adalah 100% dan rata-rata keseluruhan adalah 81,24%. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran koperatif tipe TGT dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa kelas IV SDN 020276 Binjai Timur T.A 2013/2014 pada materi operasi hitung penjumlahan bilangan pecahan. Kata kunci : Aktivitas Belajar, Model Pembelajaran Koperatif Tipe TGT, dan Pelajaran Matematika