MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI NO. 064983 MEDAN
Main Author: | SILALAHI, WESLY |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
|
Online Access: |
http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/school/article/view/1343 http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/school/article/view/1343/1102 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri No. 064983 Medan yang berjumlah 34 orang. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar dalam pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran Problem Solving. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah tes dan lembar observasi.Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa, observasi digunakan untuk melihat aktivitas siswa pada saat pembelajaran berlangsung yang menggunakan model pembelajaran Problem Solving. Dari hasil analisis data pada pre test diperoleh 26 orang siswa (76,47%) yang belum tuntas dalam belajar dan sebanyak 8 orang siswa (23,53%) yang telah mencapai standart ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 59,4. Dari hasil analisis data pada siklus I diperoleh sebanyak 19 orang siswa (55,88%) yang belum tuntas dan sebanyak 15 orang siswa (44,12%) yang mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 62,94. Sedangkan hasil tes pada siklus II diperoleh sebanyak 4 orang siswa (11,76%) belum tuntas dan sebanyak 30 orang siswa (88,24%) yang mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 77,64. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada observasi kegiatan guru siklus I nilai yang diperoleh yaitu 78,57 dan pada siklus II 96,43. Pada observasi kegiatan siswa, nilai yang diperoleh pada siklus I yaitu 70 dan pada siklus II 95. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri No. 064983 Medan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gaya tarik dan gaya dorong. Kata kunci : Hasil Belajar, Problem Solving, dan Pelajaran IPA