MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 106164 SAMBIREJO TIMUR

Main Author: ANWAR, KHAIRUL
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Online Access: http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/school/article/view/1335
http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/school/article/view/1335/1094
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining pada mata pelajaran IPA pokok bahasan cahaya dan sifatnya di SD Negeri 106164 Sambirejo Timur Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan analisis data, bahwa hasil observasi motivasi belajar siswa pada kondisi awal terdapat 5 orang siswa yang termotivasi dan 29 orang siswa tidak termotivasi dan nilai rata- rata motivasi belajar siswa adalah (14,70%), dan pada siklus I pertemuan I terdapat 11 orang siswa yang termotivasi dan 23 orang siswa yang tidak termotivasi dan nilai rata- rata motivasi belajar siswa adalah (32,25%),dan pada siklus I pertemuan II terdapat 21 orang siswa yang termotivasi dan 13 orang siswa yang tidak termotivasi dan nilai rata-rata motivasi belajar siswa adalah (61,76%), sedangkan pada siklus II pertemuan I terdapat 26 siswa termotivasi dan 8 orang siswa tidak termotivasi dengan diperoleh rata-rata motivasi belajar siswa adalah (76,47%), dan pada siklus II pertemuan II terdapat 33 orang siswa termotivasi dan 1 orang siswa tidak termotivasi dengan diperoleh rata-rata motivasi belajar siswa adalah (97,06%). Maka dapat dikatakan bahwa setelah menerapkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining pada materi pokok sifat-sifat cahaya di SD Negeri 106164 Sambirejo Timur tahun ajaran 2013/2014. Kata kunci : Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining dan Motivasi belajar