METODE IMAJINATIF DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA DI KELAS V SD

Main Author: Siska Pulungan, Fhitria
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Medan , 2019
Online Access: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/sasindo/article/view/26760
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/sasindo/article/view/26760/16400
Daftar Isi:
  • AbstrakTujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar bahasaa Indonesia siswa setelah diterapkannya metode imajinatif di kelas V SDN 010123 Aek Loba Pekan Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dirancang pelaksanaan 2 siklus. Tiap siklus memiliki beberapa tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi atau pengamatan dan refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 20 orang. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pada tes pratindakan sebesar 51,2 termasuk dalam kategori kurang, sedangkan nilai rata-rata pada siklus I mencapai 73,3 termasuk dalam kategori cukup. Dengan demikian peningkatan nilai rata-rata kemampuan membaca dari pratindakan ke siklus I sebesar 43,8%. Pada siklus II, nilai rata-rata yang dicapai adalah 88,3 sehingga mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 20,7%. Berdasarkan tindakan yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode imajinatif dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indoensia siswa di Kelas V SDN 010123 Aek loba Pekan Tahun Pelajaran 2018/2019. Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Imajinatif, Bahasa Indonesia