Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pengolahan Citra Digital Pada Program Studi Teknik Informatika Menggunakan Model Project Based Learning

Main Author: Putri Purwandari, Endina
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Rekursif , 2015
Online Access: https://ejournal.unib.ac.id/index.php/rekursif/article/view/306
https://ejournal.unib.ac.id/index.php/rekursif/article/view/306/265
Daftar Isi:
  • Abstrak: Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pengolahan Citra Digital dengan menerapkan Project Based Learning (PjBL) berlandaskan pada pembelajaran yang menciptakan suasana belajar yang aktif, kreatif, inovatif, dan produktif. Kegiatan ini melibatkan 30 orang mahasiswa prodi Teknik Informatika. Hasil uji kelompok besar menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang besar antara rata-rata skor pretes dan rata-rata skor postes, maka model PbJL telah memenuhi kriteria keefektifan dalam meningkatkan wawasan, dan kemampuan mahasiswa. Hasil uji kelompok kecil menunjukkan skor yang tinggi bagi setiap kelompok untuk aspek kreativitas program, algoritma program, kebermanfaatan program, dan kemudahan penggunaan program. Dengan penelitian PbJL ini dapat memberikan wawasan, dan meningkatkan kualitas pembelajaran dalam aspek afektif, soft-skills, dan hard-skills mahasiswa, serta mengarahkan mahasiswa untuk menghasilkan produk program aplikasi yang bermanfaat bagi masyarakat.Kata Kunci: Project Based Learning (PjBL), Pengolahan Citra Digital, Pembelajaran Aktif