Analisa Campuran AC – WC dengan Agregat Reclaimed Asphalt Pavement (RAP) dan Filler Fly Ash Sebagai Campuran Induk untuk Penambahan High Density Polyethylene (HDPE)
Main Authors: | , KARISMANAN, MAHARDI, PURWO |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Rekayasa Teknik Sipil
, 2019
|
Online Access: |
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/rekayasa-teknik-sipil/article/view/28009 https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/rekayasa-teknik-sipil/article/view/28009/25624 |
Daftar Isi:
- Potensi Reclaimed Asphalt Pavement (RAP) hasil Cold Milling Machine sebagai agregat baru dalam perkerasan jalan dan bahu jalan masih belum optimal penggunaannya. Dengan adanya potensi pemanfaatan RAP dalam campuran aspal panas maka dilaksanakan penelitian ini. Penggunaan RAP dalam campuran beraspal diharapkan dapat menghemat anggaran pemeliharaan atau pembangunan jalan serta mengetahui kemungkinan penggunaan RAP dalam perkerasan. Campuran aspal panas Laston AC-WC bergradasi kasar dengan bahan pengikat aspal pen 60/70, sehingga material RAP dapat dimanfaatkan lebih optimal. Penelitian ini diawali dengan analisa saringan terhadap RAP dan material baru ditinjau dari Spesifikasi Umum Bina Marga 2010. Persentase penambahan agregat baru dalam campuran yang akan diuji bergantung pada gradasi RAP. Komposisi campuran harus memenuhi amplop gradasi agregat dan penambahan aspal pen 60/70 ke dalam campuran sesuai dengan perhitungan perkiraan kadar aspal (Pb). Didapatkan komposisi gradasi yang memenuhi amplop gradasi yaitu komposisi 21% RAP pada MA (Medium Agregat) dengan ukuran 5 - 10 mm dan CA (Course Agregat) dengan ukuran 10 - 15 mm. Campuran kemudian diuji dengan pengujian Marshall sehingga dapat menentukan komposisi campuran optimal yang memenuhi ketentuan Spesifikasi Umum Bina Marga 2010. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa komposisi campuran dengan 21% RAP pada CA (Course Agregat). Merupakan komposisi yang paling optimal dengan kadar aspal optimum (KAO) yang dihasilkan sebesar 5,25% pada campuran Variasi 2. Dengan analisa parameter Marshall, nilai stabilitas yaitu 1256,64 kg , kelelehan atau flow 3,25 mm, V.I.M 4,51%, V.M.A 15,12%, V.F.A 70,20%, dan marshall quotient 387,67 kg/mm.Kata Kunci: Parameter Marshall, Reclaimed Asphalt Pavement (RAP), Laston AC-WCThe potency of Reclaimed Asphalt Pavement from Cold Milling Machine as a subtitution of new asphalt and aggregate in the pavement and road’s shoulder is still not optimal use yet. By the potential of the use of RAP in Hot Mix Asphalt then this study The use of RAP in paved mixtures is expected to save maintenance or road construction budgets as well as knowing the possibility of using RAP in pavement. Coarse graded Hot Mix Asphalt Laston AC-WC with 60/70 pen asphalt binder, so that the materials can be optimally used. This study was initiated by examining analysis of RAP and new materials to be reviewed of The Highways General Specification 2010. The percentage of addition new aggregate in the mixture that will be tested depends on the RAP’s gradation. The composition of the mixtures must full fill aggregate grading envelope and the addition of 60/70 pen asphalt into the mixture according to calculation of estimated bitumen content (Pb). Obtained the compositions that meets the envelopegradation are the composition of 21% RAP on MA (Medium Aggregate) with a size of 5-10 mm and CA (Aggregate Course) with a size of 10-15 mm. A mixture of later in the test with testing marshall so it can determine the composition mix optimally filled the terms of The Highways General Specification 2010. The result of this study shows that the mixture composition with 21% RAP on CA (Aggregate Course). The most optimal composition with optimum asphalt content (KAO) is 5.25% in the mixture of Variation 2. By the Marshall parameter analysis, the stability value is 1256.64 kg, melt or flow 3.25 mm, V.I.M 4.51%, V.M.A 15.12%, V.F.A 70.20%, and Marshall quotient 387.67 kg / mm. Keywords: Marshall Parameter, Reclaimed Asphalt Pavement (RAP), Laston AC-WC