STRATEGI BRANDING KABUPATEN MALANG MELALUI “PESONA BUDAYA GONDANGLEGI” DALAM MEMBENTUK IMAGE SEBAGAI KOTA PARIWISATA
Main Author: | Suksmawati, Herlina; Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
, 2023
|
Online Access: |
http://ejournal.upnjatim.ac.id/index.php/jbi/article/view/3804 |
Daftar Isi:
- Pariwisata merupakan industri global yang bisa menghidupkan jutaan orang di dalam suatu negaramelalui devisa yang didapatkan untuk menumbuhkan perekonomian suatu bangsa. Salah satu Negara yangmengembangkan industri pariwisata adalah Indonesia. Agar memiliki daya tarik minat wisatawan yang datangdari dalam negeri maupun mancanegara untuk berkunjung lebih lama dan tinggal, untuk menikmati sebuahdestinasi maka dibutuhkan pemasaran pariwisata. Strategi pemasaran sangat memainkan peran penting dalamindustri pariwisata yang telah ditetapkan untuk bisa menjalankan akitifitas promosi sehingga dengan adanyastrategi pariwisata yaitu promosi bisa berkembang. Diperlukannya pemasaran pariwisata ini adalah untukmembuat wisatawan berkeinginan untuk berkunjung ke sebuah destinasi. Metode dalam penelitian ini adalahmenggunakan pendekatan kualitatif, melalui observasi yang lebih mendalam dan teliti terhadap objek-objekpenelitian. Berbagai upaya ditempuh daerah untuk mempromosikan program pariwisatanya, salah satunya yangsaat ini sedang menjadi tren adalah konsep destination branding daerah. Di Kabupaten Malang memiliki eventyang bertajuk gelar budaya melalui carnaval dengan tema Pesona Budaya Gondanglegi, dimana event ini digelarsetiap satu tahun sekali. Proses branding destinasi pariwisata bukan hanya sekedar mengaplikasikan strategibranding melalui Brand Positioning, Brand Identity, Brand Personality, tetapi juga bisa dengan cara yang lain.Strategi pemasaran ini harus dikoordinasikan dengan seluruh pemangku kepentingan destinasi pariwisata.Kata kunci : Strategi branding, Pesona budaya Gondanglegi, Brand image