ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK KAIN SHIBORI PADA UMKM ARAFA SURABAYA BERBASIS MARKETING MIX

Main Author: Farida, Siti Ning; Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis , 2023
Online Access: http://ejournal.upnjatim.ac.id/index.php/jbi/article/view/3796
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk memformulasikan strategi pemasaran yang tepat untuk UMKM Arafa Surabaya agar dapat meningkatkan volume penjualan. Sehingga dapat ungguldalam kompetisi di pasar. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif. Sumber data yangdigunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan denganwawancara dengan pemilik UMKM Arafa Surabaya dan karyawan UMKM. Penelitiandilakukan dengan menganalisa bauran pemasaran 7P dari UMKM Arafa Surabaya yangkemudian data tersebut diolah dan dianalisa sehingga dapat menghasilkan beberapa alternatifstrategi bersaing untuk UMKM Arafa Surabaya. Dari hasil penelitian, peneliti menemukanbahwa strategi pemasaran yang tepat untuk diterapkan oleh UMKM Arafa Surabaya adalahdengan mempertahankan kualitas produk yang sudah baik dan diminati serta membuat pilihanproduk alternati dengan harga yang lebih terjangkau, sebab produk yang saat ini dimilikitergolong mahal.