Penerapan Metode Scrum dalam Proses Pembelajaran Mata Kuliah Pemrograman di Lingkungan Jurusan Teknik Informatika UNESA

Main Authors: Sisephaputra, Bonda; Universitas Negeri Surabaya, Permatasari, Reisa; Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur, Alit, Ronggo; Universitas Negeri Surabaya
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur , 2022
Subjects:
Online Access: http://ejournal.upnjatim.ac.id/index.php/scan/article/view/3152
Daftar Isi:
  • Abstrak - Pada perkuliahan online, praktik dalam mata kuliah pemrograman dilakukan di perangkat masing-masing mahasiswa dengan kondisi perangkat yang berbeda-beda. Dengan keadaan tersebut sulit memastikan apakah mahasiswa telah mempraktikkan pemrograman sesuai materi yang diberikan. Ada pula yang terhambat karena terbatasnya peralatan yang dimiliki mahasiswa untuk menunjang kuliah pemrograman. Masalah-masalah ini sering sekali terjadi pada saat penulis mengajar pada mata kuliah pemrograman yang dilakukan secara daring. Setelah diperoleh akar permasalahan isu dari isu prioritas yang telah ditetapkan, maka gagasan yang diharapkan dapat menjadi solusi penyelesaian isu tersebut adalah dengan penerapan metode scrum dalam proses pembelajaran mata kuliah pemrograman. Pada dasarnya, Scrum merupakan tahapan-tahapan yang dilakukan untuk memecahkan suatu masalah. Hal itu mencakup hal-hal seperti kolaborasi, pengorganisasian yang dilakukan sendiri oleh member tim, dan tim yang lintas fungsi. Hal ini untuk membuat kerja tim lebih efektif, dan masalah yang dipecahkan mendapat solusi paling tepat. Scrum membantu tim untuk memecahkan masalah, dengan memiliki komunikasi yang kuat antar anggota tim tersebut. Kata Kunci : scrum, pembelajaran, pemrograman