Pengembangan Alat Peraga Berbasis Contextual Untuk Mengoptimalkan Hands On Peserta Didik Kelas X MAN Purworejo

Main Author: ., Mansur
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Fisika , 2013
Subjects:
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/670
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/670/645
ctrlnum article-670
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">Pengembangan Alat Peraga Berbasis Contextual Untuk Mengoptimalkan Hands On Peserta Didik Kelas X MAN Purworejo</title><creator>., Mansur</creator><subject lang="en-US"/><subject lang="en-US">alat peraga, contextual, hands on</subject><description lang="en-US">Intisari - Telah dilakukan penelitian dan pengembangan (R&amp;#38;D) guna mengembangkan alat peraga yang berbasis contextual yang bertujuan untuk mengoptimalkan hands on peserta didik kelas X MAN Purworejo. Subjek uji coba adalah siswa kelas X-6 sejumlah 33 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi dan metode angket. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan ini diperoleh rerata skor hasil validasi alat peraga oleh validator adalah 3,41. Skor validasi panduan eksperimen oleh validator adalah 3,32. Skor validasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) oleh validator 3,32. Sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran dengan sedikit revisi sesuai saran dari validator. Keterlaksanaan pembelajaran diperoleh rerata skor 3,33 atau 91,24% dari dua observer. Skor&#xA0; pengoptimalan hands on pada setiap peserta didik yang diperoleh secara keseluruhan adalah 3,31. Respon pengotimalan hands on&#xA0; diperoleh persentase&#xA0; 53,90%. Respon peserta didik terhadap alat peraga diperoleh persentase 50,14%. Sementara itu ketercapaian hasil belajar eksperimen dengan alat peraga dengan KKM 75 diperoleh persentase 69,70%. &#xA0; Kata Kunci : alat peraga, contextual, hands on</description><publisher lang="en-US">Program Studi Pendidikan Fisika</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2013-09-21</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/670</identifier><identifier>10.37729/radiasi.v3i1.670</identifier><source lang="en-US">Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika; Vol 3, No 1 (2013): Vol.3. No.1. September 2013; 73-77</source><source>2549-0826</source><source>2301-6111</source><source>10.37729/radiasi.v3i1</source><language>eng</language><relation>http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/670/645</relation><recordID>article-670</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
Journal:eJournal
author ., Mansur
title Pengembangan Alat Peraga Berbasis Contextual Untuk Mengoptimalkan Hands On Peserta Didik Kelas X MAN Purworejo
publisher Program Studi Pendidikan Fisika
publishDate 2013
topic alat peraga
contextual
hands on
url http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/670
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/670/645
contents Intisari - Telah dilakukan penelitian dan pengembangan (R&#38;D) guna mengembangkan alat peraga yang berbasis contextual yang bertujuan untuk mengoptimalkan hands on peserta didik kelas X MAN Purworejo. Subjek uji coba adalah siswa kelas X-6 sejumlah 33 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi dan metode angket. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan ini diperoleh rerata skor hasil validasi alat peraga oleh validator adalah 3,41. Skor validasi panduan eksperimen oleh validator adalah 3,32. Skor validasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) oleh validator 3,32. Sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran dengan sedikit revisi sesuai saran dari validator. Keterlaksanaan pembelajaran diperoleh rerata skor 3,33 atau 91,24% dari dua observer. Skor pengoptimalan hands on pada setiap peserta didik yang diperoleh secara keseluruhan adalah 3,31. Respon pengotimalan hands on diperoleh persentase 53,90%. Respon peserta didik terhadap alat peraga diperoleh persentase 50,14%. Sementara itu ketercapaian hasil belajar eksperimen dengan alat peraga dengan KKM 75 diperoleh persentase 69,70%. Kata Kunci : alat peraga, contextual, hands on
id IOS2451.article-670
institution Universitas Muhammadiyah Purworejo
institution_id 17
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Purworejo
library_id 551
collection RADIASI - Pendidikan Fisika
repository_id 2451
subject_area Pendidikan
Fisika
city PURWOREJO
province JAWA TENGAH
repoId IOS2451
first_indexed 2016-09-24T05:20:12Z
last_indexed 2020-09-21T23:47:24Z
recordtype dc
_version_ 1765718957955743744
score 17.538404