Upaya Peningkatan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Melalui Praktikum Listrik Dinamis dengan Model Pembelajaran Group Investigasi Kelas X MAN Kebumen 1 Tahun 2012/2013
Main Author: | Purnomo, Susilo Edy |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Fisika
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/669 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/669/644 |
Daftar Isi:
- Intisari –. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di MAN Kebumen 1. Subyek penelitian adalah siswa kelas X-5 tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 40 siswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan April sampai dengan bulan Juni tahun 2013. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dua metode, yaitu: metode observasi, dan metode tes. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan tehnik Deskripsi Persentase. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, keterampilan proses sains siswa meningkat dari 40,63% pada pra siklus menjadi 64% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 83,25% pada siklus II. Peningkatan keterampilan proses sains ini berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya rata-rata nilai siswa. Rata-rata nilai siswa meningkat dari 65 dengan ketuntasan 32,5% pada pra siklus menjadi 67 dengan ketuntasan 67,5% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 77 dengan ketuntasan 72,5% pada siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dengan praktikum listrik dinamis dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar di MAN Kebumen 1. . Kata kunci: Keterampilan Proses Sains, Hasil Belajar, Praktikum Listrik Dinamis dan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI).