PEMBERDAYAAN USAHA KECIL MENENGAH OLEH KLINIK KOPERASI DAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH PROVINSI JAWA TIMUR
Main Authors: | PURWITASARI, PUTRI, ROSDIANA, WENI |
---|---|
Format: | eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Publika
, 2014
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/publika/article/view/7644 |
Daftar Isi:
- Usaha kecil menengah memiliki peran yang sangat strategis dalam meningkatkan pendapatan daerah, memperluas lapangan kerja, mengurangi pengangguran dan kemiskinan. Untuk meningkatkan peran tersebut Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Timur membentuk Klinik Koperasi dan UMKM yang memiliki 10 jenis layanan yang saling berkaitan antara yang satu dengan lainnya sehingga membentuk sebuah pemberdayaan bagi UKM. Tujuan disusunnya skripsi ini untuk mendeskripsikan Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah oleh Klinik Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah Provinsi Jawa Timur. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif, sedangkan metode yang digunakan adalah kualitatif. Narasumber dalam penelitian ini yaitu manajer, konsultan dan UKM. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi, observasi dan triangulasi. Teknik analisis data dengan mengumpulkan, mereduksi, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pemberdayaan UKM yang dilakukan oleh Klinik Koperasi dan UMKM Jawa Timur cocok dianalisis menggunakan teori Suharto: Pemungkinan yang memuat layanan akses pembiayaan,layanan konsultasi bisnis, layanan informasi bisnis, layanan akses pemasaran, mobile klinik, dan TV UKM online; penguatan yang memuat layanan shortcourse, layanan informasi bisnis dan layanan pusat pustaka entrepreneur; perlindungan yang memuat layanan konsultasi bisnis dan layanan advokasi; penyokongan yang memuat layanan konsultasi bisnis, layanan informasi bisnis, layanan shortcourse dan layanan IT entrepreneur; pemeliharaan memuat layanan advokasi dan layanan konsultasi bisnis. Masing-masing pendekatan pemberdayaan UKM yang dilakukan oleh Klinik Koperasi dan UMKM Jawa Timur sudah dapat dikatakan cukup baik. Saran yang diberikan oleh peneliti antara lain dalam layanan akses pemasaran, perlu adanya sosialisasi sebagai pengenalan gedung galeri produk-produk unggulan dari Jawa Timur, memperbarui buku-buku yang terdapat di layanan pusat pustaka entrepreneur secara rutin, pengembangan Klinik Koperasi dan UMKM melalui media sosial untuk memudahkan masyarakat yang ingin mengikuti kegiatan Klinik Koperasi dan UMKM Jawa Timur. Kata Kunci: Pemberdayaan, UKM, Klinik Koperasi dan UMKM Jawa Timur