KINERJA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEPEGAWAIAN (SIMPEG) DALAM MENDUKUNG PELAYANAN KEPEGAWAIAN DI PUSAT HUMANIORA, KEBIJAKAN KESEHATAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT SURABAYA

Main Author: ARIE SURYANA, NUNUK
Format: Article info application/msword eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Surabaya , 2014
Online Access: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/publika/article/view/6883
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/publika/article/view/6883/7409
Daftar Isi:
  • Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) adalah suatu sistem yang dikembangkan oleh pemerintah, guna mendukung sistem manajemen pegawai negeri sipil yang rasional terintegrasi, dan akurat. SIMPEG dapat mendukung pelayanan kepegawaian salah satunya di Pusat Humaniora, Kebijakan Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat (PHKKPM). Penelitian ini mengangkat masalah mengenai bagaimana kinerja Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) di PHKKPM dalam mendukung pelayanan kepegawaian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja SIMPEG dalam mendukung pelayanan kepegawaian di PHKKPM. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di Pusat Humaniora, Kebijakan Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat (PHKKPM) yang beralamat di Jl. Indrapura No. 17 Surabaya. Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil wawancara dan dokumen terkait. Teknik pengumpulan data yaitu dengan triangulasi (wawancara, observasi, dan dokumentasi). Adapun narasumber penelitian ini terdiri dari Kepala Bagian Tata Usaha PHKKPM, Kasubbag KKU serta staf kepegawaian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik interactive model. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SIMPEG sangat mendukung dalam pelayanan kepegawaian di PHKKPM. Tetapi kualitas SDM yang berada di ruang kepegawaian kurang memadai, hal tersebut dikarenakan latar belakang pendidikan dan kurangnya motivasi pegawai. Oleh karena itu, PHKKPM perlu memperhatikan kinerja para pegawai khususnya kepegawaian, dengan cara memberi pendidikan dan pelatihan terkait SIMPEG. Sehingga dengan adanya pelatihan yang berkelanjutan diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepegawaian di PHKKPM. Selain itu juga penambahan SDM yang sesuai dengan tugas kepegawaian, sehingga dapat menunjang kelancaran pelayanan kepegawaian di PHKKPM lebih meningkat.   Kata kunci: Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG), kinerja