KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN KARTU IDENTITAS MUSIMAN (KIPEM) DI KANTOR UNIT PELAYANAN TERPADU SATU ATAP (UPTSA) SURABAYA
Main Authors: | P., HENDRA, HANY FANIDA, EVA |
---|---|
Format: | eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Publika
, 2015
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/publika/article/view/11932 |
Daftar Isi:
- Pembanguan berbagai bidang di Kota Surabaya misalnya pembukaan sentra bisnis, mall, universitas dan lain-lain. Adanya pembangunan ini akan mendorong urbanisasi yang dilakukan oleh warga pendatang di sekitar Surabaya untuk mengaju nasib di Surabaya, namun tingginya urbanisasi akan membawa permasalahan bagi Kota Surabaya.Solusi yang dilakukan untuk mengatasi urbanisasi dilakukan melalui Peraturan Daerah No. 3 Tahun 2011 yang mengatakan jika warga pendatang harus mempunyai Surat Kartu Identitas Penduduk Musiman (KIPEM) dimana Unit Pelayanan Terpadu Satu atap (UPTSA) ditunjuk sebagai instansi yang melakukan pelayanan pengurusan KIPEM. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan pengurusan KIPEM di UPTSA Surabaya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kualitas dan teori pelayanan Publik. Penelitian ini berjenis kuantitatif deskriptif dimana data yang telah diolah secara statistik akan dijabarkan secara terperinci. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan kuesinoer kepada 55 responden yang merupakan pengunjung UTSA yang mengurus KIPEM.Berdasarkan penelitian ini dapat diketahui dari 6 indikator kualitas pelayanan KIPEM di UPTSA yaitu prosedur pelayanan, waktu penyelesaian, biaya pelayanan, produk pelayanan, sarana dan prasana, dan kompetensi petugas pelayanan hasilnya adalah pelayanan pengurusan KIPEM di UPTSA sudah cukup berkualitas Kata Kunci: Kualitas, KIPEM, Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap