KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN KARTU IDENTITAS MUSIMAN (KIPEM) DI KANTOR UNIT PELAYANAN TERPADU SATU ATAP (UPTSA) SURABAYA

Main Authors: P., HENDRA, HANY FANIDA, EVA
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Publika , 2015
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/publika/article/view/11932
Daftar Isi:
  • Pembanguan  berbagai bidang di Kota Surabaya misalnya pembukaan sentra bisnis, mall, universitas dan lain-lain. Adanya pembangunan ini akan  mendorong  urbanisasi yang dilakukan oleh  warga pendatang di sekitar    Surabaya  untuk  mengaju  nasib  di  Surabaya,  namun  tingginya  urbanisasi  akan  membawa  permasalahan  bagi  Kota  Surabaya.Solusi  yang  dilakukan  untuk  mengatasi  urbanisasi  dilakukan  melalui Peraturan Daerah No. 3 Tahun 2011 yang mengatakan jika warga pendatang harus mempunyai Surat Kartu Identitas  Penduduk  Musiman  (KIPEM)  dimana  Unit  Pelayanan  Terpadu  Satu  atap  (UPTSA)  ditunjuk sebagai  instansi  yang  melakukan  pelayanan  pengurusan  KIPEM.  Fokus  penelitian  ini  adalah  untuk mengetahui    kualitas  pelayanan    pengurusan  KIPEM  di  UPTSA  Surabaya. Teori    yang  digunakan  dalam penelitian ini adalah teori kualitas dan teori  pelayanan Publik. Penelitian ini berjenis kuantitatif deskriptif dimana data yang telah diolah secara statistik akan dijabarkan secara terperinci. Teknik pengumpulan data dalam  penelitian  ini  dengan  menggunakan  kuesinoer  kepada  55  responden  yang  merupakan  pengunjung UTSA  yang  mengurus  KIPEM.Berdasarkan  penelitian  ini  dapat  diketahui  dari  6  indikator  kualitas  pelayanan  KIPEM  di  UPTSA    yaitu  prosedur  pelayanan,  waktu  penyelesaian,  biaya  pelayanan,  produk pelayanan, sarana dan prasana, dan kompetensi petugas pelayanan  hasilnya adalah  pelayanan pengurusan KIPEM di UPTSA sudah cukup berkualitas  Kata Kunci: Kualitas, KIPEM, Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap