KUALITAS PELAYANAN ELECTRONIC SAMSAT PADA KANTOR SISTEM MANUNGGAL SATU ATAP (SAMSAT) MANYAR KERTOARJO SURABAYA TIMUR

Main Authors: ULUM, BAHRUL, ISBANDONO, PRASETYO
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Publika , 2015
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/publika/article/view/11409
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Electronic Samsat pada  Kantor Samsat Manyar dan untuk  mengetahui  dukungan  dan  hambatan  yang  dihadapi  Kantor  Samsat  Manyar  Surabaya  Timur.  Penelitian  ini merupakan  jenis  penelitian  studi  kasus  dan  teknik  analisis  data  yang  digunakan  adalah  metode  deskriptif  kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui cara observasi, wawancara, snowball sampling, dan dokumentasi.. Fokus penelitian ini yaitu menjelaskan tentang kualitas pelayanan Electronic Samsat dengan berpedoman pada sepuluh dimensi kualitas penyelenggaraan  pelayanan  publik  dari  KEMENPAN  No.  63  Tahun  2003.  Hasil  penelitian  yang  diperoleh  adalah program Electronic Samsat  ini  memiliki  keunggulan  dengan  memberikan  kemudahan  bagi  wajib  pajak  dalam membayar  pajak  kendaraan  bermotor  (PKB),  dikarenakan  program  ini  memenuhi  sepuluh  unsur  tentang  pedoman kualitas penyelenggaraan publik yang baik seperti : adanya unsur kesederhanaan, unsur keamanan, unsur kenyamanan, unsur kedisiplinan, akurasi, kemudahan akses, unsur kepastian dan kejelasan. Akan tetapi, dalam proses pelaksanaannya pasti ada dukungan dan hambatannya. Bentuk dukungan dalam hal ini adalah pemerintah selalu memberikan sosialisasi kepada  masyarakat  baik  dengan  menggunakan  brosur  atau  dengan  mengunjungi  dengan  memakai  mobil.  Sedangkan hambatannya  adalah  masih  banyaknya  masyarakat  yang  tidak  mengetahui  program  ini  dikarenakan  minimnya sosialisasi dan juga sering terjadi trobel pada jaringan internet yang membuat masyarakat khawatir gagal. Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Electronic Samsat, Dimensi Pelayanan.