KUALITAS PELAYANAN ELECTRONIC SAMSAT PADA KANTOR SISTEM MANUNGGAL SATU ATAP (SAMSAT) MANYAR KERTOARJO SURABAYA TIMUR
Main Authors: | ULUM, BAHRUL, ISBANDONO, PRASETYO |
---|---|
Format: | eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Publika
, 2015
|
Online Access: |
http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/publika/article/view/11409 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Electronic Samsat pada Kantor Samsat Manyar dan untuk mengetahui dukungan dan hambatan yang dihadapi Kantor Samsat Manyar Surabaya Timur. Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus dan teknik analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui cara observasi, wawancara, snowball sampling, dan dokumentasi.. Fokus penelitian ini yaitu menjelaskan tentang kualitas pelayanan Electronic Samsat dengan berpedoman pada sepuluh dimensi kualitas penyelenggaraan pelayanan publik dari KEMENPAN No. 63 Tahun 2003. Hasil penelitian yang diperoleh adalah program Electronic Samsat ini memiliki keunggulan dengan memberikan kemudahan bagi wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor (PKB), dikarenakan program ini memenuhi sepuluh unsur tentang pedoman kualitas penyelenggaraan publik yang baik seperti : adanya unsur kesederhanaan, unsur keamanan, unsur kenyamanan, unsur kedisiplinan, akurasi, kemudahan akses, unsur kepastian dan kejelasan. Akan tetapi, dalam proses pelaksanaannya pasti ada dukungan dan hambatannya. Bentuk dukungan dalam hal ini adalah pemerintah selalu memberikan sosialisasi kepada masyarakat baik dengan menggunakan brosur atau dengan mengunjungi dengan memakai mobil. Sedangkan hambatannya adalah masih banyaknya masyarakat yang tidak mengetahui program ini dikarenakan minimnya sosialisasi dan juga sering terjadi trobel pada jaringan internet yang membuat masyarakat khawatir gagal. Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Electronic Samsat, Dimensi Pelayanan.