Social Skill Training (SST) Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Pada Anak Autistic Spectrum Disorder (ASD)
Main Author: | Marpaung, Winida |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Terbitan: |
Fakultas Psikologi, Universitas Sumatera Utara
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://jurnal.usu.ac.id/index.php/psikologia/article/view/13945 |
Daftar Isi:
- Salah satu intervensi yang tepat bagi anak ASD yang mengalami keterhambatan dalam keterampilan sosial adalah Social Skill Training (SST) (Cotugno, 2009). Keterampilan sosial terdiri dari conversational skill, play skill, friendship skill, dealing with conflict, dan understanding emotion (Matson, 2002). Penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen dengan menggunakan Repeated Measure Single subject design (Barlow, H et all, 2009). Analisa data mengunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dengan observasi menggunakan bahavior chart dan wawancara menggunakan panduan Autistic Social Scale Profile (ASSP). Adapun gambaran kondisi subjek setelah intervensi.. Hasil penelitian menunjukkan program Social skill training (SST) terbukti efektif untuk meningkatkan keterampilan sosial pada anak ASD. Hasilnya menunjukkan terjadi penurunan skor yang diperoleh pada saat pretest dan posttest pada conversational skill, play skill, friendship skill, understanding emotion sedangkan dealing with conflict masih kurang optimal