PENGGUNAAN KONSELING RASIONAL EMOTIF UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA

Main Authors: Yesi Yuniarti, , Titin Indah Pratiwi,
Format: application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Psikologi Pendidikan dan Bimbingan , 2009
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal_ppb/article/view/5396
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan penggunaan konseling rasional emotif untuk  meningkatkan rasa percaya diri siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian pre-test post-test one group design. Subyek penelitian ini adalah 7 siswa kelas VII C yang memiliki skor percaya diri yang rendah dan dipilih melalui purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan angket percaya diri yang telah dihitung validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Wilcoxon dengan taraf signifikan 5 %, menunjukkan bahwa adanya peningkatan pada siswa kurang percaya diri setelah diberikan konseling rasional emotif.