PENGARUH STRATEGI HERRINGBONE DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 45 PALEMBANG

Main Author: Armariena, Dian Nuzulia
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang , 2016
Online Access: https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosiding/article/view/659
https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosiding/article/view/659/512
Daftar Isi:
  • AbstrakPenelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan strategiherringbone dan kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan menulis karangan argumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.1 dan VII.3 SMP Negeri 45 Palembang. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan program SPSS dan dianalisis dengan uji-T dan anova. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis terhadap penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa penerapan strategi herringbone memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan menulis karangan argumentasi siswa. Hal ini ditunjukkan oleh perolehan angka sig. (2-tailed) sebesar 0,025. Angka ini berada di bawah taraf probability, yaitu 0,05. Selanjutnya penerapan berpikir kritis terhadap siswa dalam menulis karangan argumentasi, memiliki pengaruhyang juga positif. Ini terlihat dari angka sig. (2-tailed) sebesar 0,010 yang berada di bawah taraf probability, yaitu 0,05. Pada hipotesis terakhir, diperoleh bahwa penerapan strategi herringbone dan kemampuan berpikir kritis siswa secara bersama-sama memiliki pengaruh yang positif terhadap kemampuan menulis karangan argumentasi siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil uji anova yangmenunjukkan F hitung adalah sebesar 18,52, sedangkan F tabel untuk taraf 5% adalah sebesar 3,2 dan untuk taraf 1% adalah sebesar 2,2.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa strategi herringbone dankemampuan berpikir memiliki pengaruh terhadap kemampuan menulis karangan argumentasi siswa.Kata Kunci: Strategi Herringbone, Kemampuan Berpikir Kritis, Dan Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi.