PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DI SMA NEGERI 4 PALEMBANG

Main Authors: Nendri, Nendri, Lusiana, Lusiana
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang , 2016
Online Access: http://www.univpgri-palembang.ac.id/e_jurnal/index.php/prosiding/article/view/578
http://www.univpgri-palembang.ac.id/e_jurnal/index.php/prosiding/article/view/578/448
Daftar Isi:
  • AbstrakTujuan penyajian makalah ini untuk menyampaikan ataupun menyebar luaskan hasil penelitian yang telah kami lakukan di SMA Negeri 4 Palembang pada tahun 2015. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMA Negeri 4 Palembang. Metode yang digunakan eksperimen model posttest only control. Populasi seluruh siswa kelas XI, dengan sampel dua kelas ,yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen sebanyak 39 siswa dan kelas XI IPA 4 sebanyak 39 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t (independent samples t test). Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dalam penelitian ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan, maka disimpulkan bahwa: Ada pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis di SMA Negeri 4 Palembang. Kata Kunci: Model Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis