IMPLEMENTASI TIK DALAM PEMBELAJARAN MENDENGARKAN DI SEKOLAH DASAR
Main Author: | Muningsih, Sri |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Prosiding Teknologi Pendidikan
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/psdtp/article/view/9062 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/psdtp/article/view/9062/6736 |
Daftar Isi:
- Mendengarkan merupakan salah satu aspek keterampilan berbahasa selain berbicara, membaca, dan menulis. Dalam pembelajarannya di SD, masih banyak guru yang belum memahami cara mengembangkan bahan ajar dan menyajikannya secara inovatif sehingga siswa mudah merasa bosan dan hasil belajar kurang memuaskan. TIK merupakan salah satu sarana yang memiliki peran penting dalam mewujudkan pembelajaran yang inovatif. Tujuan penulisan makalah ini adalah mendeskripsikan implementasi TIK dalam pembelajaran Bahasa Indonesia aspek mendengarkan. Makalah ini ditulis dengan metode Studi Pustaka, yaitu dilakukan dengan mempelajari dan mengumpulkan data dari pustaka yang berhubungan dengan alat, baik berupa buku maupun informasi di internet. Dengan bantuan TIK, materi pembelajaran aspek keterampilan mendengarkan dapat dikemas dalam bentuk CD Interaktif. Bahan ajar CD Interaktif ini memuat (1) judul, (2) petunjuk pembelajaran, (3) informasi pendukung, (4) tugas-tugas/ pelatihan, (5) dan evaluasi. Makalah ini bermanfaat sebagai acuan bagi para guru untuk mengembangkan bahan ajar berbasis TIK dan pengajarannya di Sekolah Dasar. Model pembelajaran aspek mendengarkan dengan pemanfaatan TIK ini sangat efektif karena siswa merasa senang dan penuh konsentrasi terhadap materi pembelajaran. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan TIK dalam pembelajaran mendengarkan dapat meningkatkan keaktifan yang pada akhirnya akan meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : Implementasi TIK , Pembelajaran Mendengarkan