KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH

Main Author: Ahyani, Nur
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Prosiding Teknologi Pendidikan , 2014
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/psdtp/article/view/3676
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/psdtp/article/view/3676/2577
ctrlnum article-3676
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH</title><creator>Ahyani, Nur</creator><description lang="en-US">Permasalahan pembelajaran sejarah yang ada saat ini sangat beragam antara lain kurangnya kemampuan berfikir kritis dalam proses pembelajaran sejarah. Hal ini berakibat pembelajaran sejarah menjadi membosankan dan tidak menarik. Untuk memecahkan masalah pembelajaran sejarah, guru merupakan salah satu komponen yang diandalkan karena guru sejarah sebagai ujung tombak yang langsung berhadapan dengan siswa dalam proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran sejarah guru sebaiknya menggunakan pendekatan konstruktivisme dalam rangka melatih keterampilan berfikir kritis siswa. Di samping itu guru juga dapat menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik, misi dan tujuan pembelajaran sejarah, seperti model pembelajaran kooperatif. Dalam model pembelajaran kooperatif ini, siswa mempunyai kesempatan untuk mengembangkan keterampilan social dan kemampuan berfikir kritis,&#xA0; dan bekerjasama dengan orang lain.&#xA0;Kata kunci: Kemampuan Berfikir, Pembelajaran Sejarah.</description><publisher lang="en-US">Prosiding Teknologi Pendidikan</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2014-04-13</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Other:</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/psdtp/article/view/3676</identifier><source lang="en-US">Prosiding Teknologi Pendidikan; 2014: SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DALAM RANGKA DIES NATALIS KE 37 UNIVERSITAS SEBELAS MARET</source><source>978-602-7561-566</source><language>eng</language><relation>http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/psdtp/article/view/3676/2577</relation><recordID>article-3676</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
Other:
File:application/pdf
File
Journal:eJournal
author Ahyani, Nur
title KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH
publisher Prosiding Teknologi Pendidikan
publishDate 2014
url http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/psdtp/article/view/3676
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/psdtp/article/view/3676/2577
contents Permasalahan pembelajaran sejarah yang ada saat ini sangat beragam antara lain kurangnya kemampuan berfikir kritis dalam proses pembelajaran sejarah. Hal ini berakibat pembelajaran sejarah menjadi membosankan dan tidak menarik. Untuk memecahkan masalah pembelajaran sejarah, guru merupakan salah satu komponen yang diandalkan karena guru sejarah sebagai ujung tombak yang langsung berhadapan dengan siswa dalam proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran sejarah guru sebaiknya menggunakan pendekatan konstruktivisme dalam rangka melatih keterampilan berfikir kritis siswa. Di samping itu guru juga dapat menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik, misi dan tujuan pembelajaran sejarah, seperti model pembelajaran kooperatif. Dalam model pembelajaran kooperatif ini, siswa mempunyai kesempatan untuk mengembangkan keterampilan social dan kemampuan berfikir kritis, dan bekerjasama dengan orang lain. Kata kunci: Kemampuan Berfikir, Pembelajaran Sejarah.
id IOS2430.article-3676
institution Universitas Sebelas Maret
institution_id 18
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Sebelas Maret
library_id 592
collection Prosiding Teknologi Pendidikan
repository_id 2430
subject_area Pendidikan
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2430
first_indexed 2016-09-22T18:52:34Z
last_indexed 2016-09-22T18:52:34Z
recordtype dc
merged_child_boolean 1
_version_ 1767047998544543744
score 17.13294